Sunday, October 29, 2017

Tugas Grafik Komputer dan Pengolahan Citra: Membuat Garis Menggunakan Java dan OpenGL


Pada kesempatan kali ini penulis membuat sebuah tugas yang dimana tugasnya yaitu membuat sebuah program sederhana yang dapat menggambar garis horizontal, vertikal dan diagonal dengan berdasarkan input titik awal garis dan titik akhir garis dari pengguna, dimana program ini memanfaatkan library grafis OpenGL sebagai library untuk menampilkan outputnya di layar monitor. Bahasa pemrograman yang dipergunakan yaitu Java, dengan pembuatannya menggunakan program NetBeans versi 8.2. Adapun untuk library penghubung yang dipergunakan dalam menghubungkan Java dan OpenGL pada program ini yaitu LWJGL (LightWeight Java Game Library) versi 2.9.1.

Program ini dibuat dengan menggunakan empat file kelas Java, yaitu:
  1. Pr_Main.java - file kelas utama yang menampilkan menu utama program.
  2. Pr_Horizontal.java - file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis horizontal (garis mendatar).
  3. Pr_Vertikal.java - file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis vertikal (garis tegak lurus).
  4. Pr_Diagonal.java - file kelas yang berfungsi untuk menerima input dan menampilkan output garis diagonal (garis miring).
Seperti yang telah disebutkan di awal, program ini menggambar garis dengan berdasarkan titik awal dan titik akhir garis yang dimasukkan oleh pengguna. Maka dari sini dapat dikatakan bahwa program tersebut harus menggambar garis di layar dari suatu titik ke titik lain secara jelas dengan berdasarkan permintaan dari pengguna (dalam hal ini yaitu input titik awal dan titik akhir garis dari pengguna).

Di bawah ini adalah link untuk mengunduh program dan source code serta file dokumentasinya:
  1. Program + Source Code: klik di sini
  2. Dokumentasi + User Guide: klik di sini
Sekian dan terima kasih atas kunjungannya ke blog ini!

No comments:

Post a Comment