Wednesday, August 28, 2013

Cara membuat sebuah jurnal

Hari ini penulis ingin memberikan sebuah cara singkat dalam membuat sebuah jurnal yang sesuai dengan standar yang berlaku. Berikut ini cara-cara pembuatan jurnal singkat versi penulis:

1. Buatlah sebuah dokumen kosong di Microsoft Word, dengan font berjenis Arial, ukuran huruf 11 point dan spasi 1.0
2. Ketiklah judul topik dan nama penulis serta Abstract dengan posisi berada di tengah
3. Buatlah bagian bawah halaman 1 dan halaman selanjutnya sebagai dokumen berkolom ganda dengan menggunakan setting "Page Layout → Columns", lalu pilih "Two" untuk mengaktifkan dokumen berkolom ganda
4. Selanjutnya isi jurnal dapat diketik sesuai keinginan Anda. Masukkan gambar keterangan jika diperlukan untuk memperjelas isi jurnal.
5. Jika ingin mengatur posisi gambar dalam dokumen, gunakanlah fitur Wrap Text untuk merapikan posisi gambar agar dapat menyatu dengan teks dalam dokumen

Sekian dari penulis, mohon maaf jika ada beberapa kesalahan dari penulis dalam memberikan cara-cara singkat di atas.

Tuesday, August 27, 2013

Prospek Pengembangan Komputer Masa Depan

Di masa depan, sebuah komputer dapat saja berbentuk seperti barang-barang remeh yang mungkin tidak pernah terpikirkan pada saat ini, seperti pulpen (yang telah dijelaskan di topik Desain Komputer Masa Depan versi Penulis) ataupun malah mirip seperti kotak mainan kecil. Namun penulis pun memiliki ide lain tentang sistem komputer masa depan, yang mungkin saja sederhana tetapi dapat menjadi dasar dari pengembangan komputer generasi berikutnya.

Suatu sistem komputer masa depan yang baik di mata penulis adalah sistem universal yang dapat menjembatani kelebihan maupun kekurangan dari komputer generasi sekarang, dimana komputer generasi mendatang haruslah dapat melakukan berbagai pekerjaan yang saat ini hanya dapat dilakukan oleh satu atau dua jenis komputer saja, seperti menangani perhitungan statistik secara cepat dan akurat yang diselingi dengan penyimpanan data pegawai dalam jumlah besar tanpa harus menggunakan suatu komputer terdedikasi (dalam hal ini server), sehingga tidak menutup kemungkinan sebuah komputer biasa dapat mengerjakan sebuah pekerjaan server yang paling sibuk sekalipun.

Namun tentunya, sistem komputer masa depan tersebut haruslah didesain sekompak mungkin agar tidak memakan tempat yang sangat besar, bahkan bisa lebih kecil dari ukuran komputer sekarang dengan penggunaan layar sentuh transparan yang fleksibel dan dapat merespon permintaan pengguna secara cepat menggunakan sensor pergerakan tangan agar sistem dapat berjalan dengan baik.

Desain Komputer Masa Depan versi Penulis

Banyak orang yang memikirkan seperti apa desain komputer versi masa depan. Ada yang menganggap bahwa komputer masa depan tidak lagi berupa seperangkat PC atau laptop seperti yang jamak ditemui saat ini, namun seperti sebuah smartphone yang sekarang ini menjadi suatu hal yang biasa. Namun tidak ada salahnya penulis ikut mengemukakan desain komputer masa depan yang menurut penulis terinspirasi dari sebatang pulpen yang dikombinasikan dengan lampu senter.

Sumber gambar: ide sendiri

Bagi banyak orang, hal ini mungkin cukup "aneh". Tetapi penulis menilai hal ini dapat terjadi suatu hari nanti, dimana orang tidak lagi membutuhkan suatu PC maupun laptop untuk menampilkan pekerjaan yang dia ingin ubah berdasarkan keinginan dia dikarenakan semakin canggihnya teknologi yang memungkinkan komputer yang terlihat seperti layar sentuh mengambang dapat terwujud.

Konsep Cara Kerja Sistem Komputer

Dalam post ini, penulis kali ini akan membahas konsep-konsep dasar dalam cara kerja sistem komputer.

Sistem komputer bekerja dengan prinsip Input - Process - Output, dimana Input merupakan proses dari pemasukan informasi "mentah" (dalam arti belum diolah oleh sistem komputer) seperti contohnya perintah untuk membuka suatu berkas (file). Perintah itu akan diterjemahkan oleh sistem komputer sebagai suatu baris angka dan huruf yang selanjutnya dikonversi menjadi barisan angka biner (dimana hanya angka 0 dan 1 yang dikenali oleh sistem untuk dapat membaca atau menulis suatu perintah sebelum dikembalikan ke bentuk semula). Di sinilah sistem memulai tahap Process (pengolahan), dengan cara kerja yaitu sistem mulai membaca deret angka biner yang selanjutnya akan dibagi-bagi ke beribu-ribu bagian informasi. Saat itulah bagian tersebut disimpan di dalam RAM, lalu kemudian dipindahkan ke prosesor untuk diolah lebih lanjut, termasuk digabungkan dengan potongan informasi lainnya untuk selanjutnya membentuk sebuah informasi baru yang diinginkan oleh operator.

Di dalam prosesor, unit Aritmatika dan Logika (ALU) melakukan pengolahan informasi dengan cara melakukan pelaksanaan perintah dasar seperti perintah aritmatika (dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian), perintah logika (AND, OR, AND NOT, dan sejenisnya), dan perintah pembandingan informasi (perintah ini dapat berupa pembandingan informasi sebanyak dua slot untuk kesetaraan informasi atau pembandingan lainnya).

Sedangkan unit kendali (Control Unit) menyimpan perintah yang baru saja dilakukan oleh komputer lalu memerintahkan ALU untuk melaksanakan perintah-perintah dasar yang telah disebutkan sebelumnya dan mendapat kembali informasi dari memori (baik itu RAM atau ROM) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Setelah proses tersebut selesai, unit kontrol akan melaksanakan perintah berikutnya (biasanya tersimpan di slot berikutnya, dengan pengecualian yaitu apabila ada perintah yang merupakan perintah lompatan, dimana perintah tersebut bertugas memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain dari sistem).

Setelah proses pengolahan informasi selesai, maka hasil pengolahan akan dibawa ke perangkat output yang selanjutnya mengubah kembali baris angka biner dari data yang telah diolah di sistem komputer. Di bagian output inilah informasi yang diinginkan akan ditampilkan sesuai dengan bentuk yang telah ditentukan oleh pengguna dan juga sesuai dengan fungsi yang tepat untuk menampilkan informasi tersebut, baik itu berupa suara, gambar atau teks, sesuai dengan yang diinginkan oleh operator maupun pengguna umum.

Diagram cara kerja sistem komputer secara ringkas
Sumber gambar: wikimedia.org

Penjelasan sistem pengolahan informasi pada saat komputer mengolah informasi
Sumber gambar: boegiface.wordpress.com

Teknologi Komputer Masa Kini

Dalam post kali ini, penulis akan membeberkan topik tentang teknologi masa kini yang sedang populer dibicarakan di seluruh dunia.

Di masa kini, terutama sejak tahun 2005, komputer bekerja dengan berbagai teknologi yang sangat canggih. Berbagai jenis PC maupun laptop (bahkan telpon pintar alias smartphone) yang memiliki kemampuan melebihi penampilannya pun bermunculan, dengan contoh laptop yang (nyaris) dapat menggantikan PC secara sepenuhnya berkat periferal berspesifikasi tinggi yang ditanamkan ke dalamnya maupun smartphone yang menggabungkan berbagai peranti ke dalam satu peralatan secara ringkas tetapi berkemampuan sama halnya seperti peranti yang digabungkan tersebut.

Smartphone berbasis Android yang kini ramai dibicarakan maupun banyak dijual di pasaran merupakan salah satu hasil penggabungan antara permintaan smartphone yang berkemampuan tinggi dengan OS yang dapat dikembangkan oleh siapapun yang ingin berkontribusi dalam pengembangan teknologi tanpa harus terbebani dengan biaya mahal untuk menciptakan software pendukung bagi OS tersebut. Adapun kemunculan tablet phone yang seringkali disebut juga sebagai "E-sabak" (karena dikonotasikan dengan bentuknya yang seperti batu sabak untuk media tulisan yang jamak ditemui pada zaman dahulu) juga setali tiga uang dengan smartphone berspesifikasi tinggi tersebut, dimana bentuknya yang cukup ringkas dapat dibawa kemana-mana (walaupun tidak seringkas smartphone) tetapi juga dapat menjalankan aplikasi yang platformnya sama dengan smartphone.

OS Android (dikembangkan oleh Google dan Open Handset Alliance alias OHA) yang kini dipakai di mayoritas smartphone serta E-sabak di seluruh dunia dikembangkan sejak 2003 dan versi pertama dirilis tahun 2007, dengan ponsel HTC Dream merupakan smartphone pertama yang menggunakan Android sebagai OS built-in di dalamnya. Sejak awal dirilis pada 5 November 2007 (yang populer disebut sebagai "Ulang Tahun Android"), Android telah menuai banyak perhatian dari pakar telekomunikasi, praktisi IT maupun konsumen, karena berbagai fitur yang dimasukkan ke dalam Android sendiri terbilang cukup unik, seperti prinsip kunci otomatis yang cukup menggesekkan jari tangan ke layar sentuh (karena perangkat berbasis Android sendiri ditujukan untuk menggunakan layar sentuh sebagai antarmuka utama pengguna) atau keyboard QWERTY digital (yang digabungkan dengan layar sentuh) yang dapat menyamai prinsip keyboard komputer atau keyboard laptop. Bahkan, Android pun didesain untuk memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi dalam operasionalnya.

Namun pada dasarnya, Android dikembangkan berdasarkan Linux yang bersifat open-source, sehingga beberapa komponen inti OS ini memiliki kemiripan dengan yang ada di Linux, seperti kernel, dukungan scripting, dan lainnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa sistem Android adalah seperti "reinkarnasi" dari Linux karena banyak

Namun, Android pun bukannya tanpa masalah dalam pengembangannya. Beberapa jenis smartphone seringkali tidak bisa mendukung jenis OS Android yang terbaru, sehingga produsen harus membuat versi yang spesifikasinya lebih tinggi agar dapat mendukung OS Android versi terbaru (saat ini versinya adalah 4.3 Jellybean API 18). Walaupun sering terjadi hal seperti itu, namun hal tersebut tidak menghalangi kreativitas para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis Android yang lebih ramah kepada penggunanya, ataupun yang bersesuaian dengan semua versi Android yang ada di pasaran.

Kini di tahun 2013, banyak smartphone Android yang ditawarkan di pasaran, dimana merek paling populer yang saat ini sering dibicarakan maupun dicari oleh para pengguna adalah Samsung dengan seri Galaxy, baik itu Galaxy SIII Mini (seperti yang digunakan oleh penulis) maupun Galaxy Nexus. Namun banyak pula produsen smartphone lain yang ikut memproduksi smartphone Android, seperti Cross, HTC, dan lainnya, dimana mereka ikut meramaikan pasar smartphone Android yang semakin ketat karena kemunculan berbagai produk baru yang semakin beragam tipenya maupun spesifikasinya.

Salah satu screenshot dari sistem Android di Samsung Galaxy Nexus
Sumber gambar: wikimedia.org

Logo resmi Android
Sumber gambar: wikimedia.org

Salah satu contoh smartphone berbasis Android (ditampilkan: Samsung Galaxy Note 2)
Sumber gambar: reviews.cnet.com

Sekilas Tentang Sejarah Komputer

Selamat datang di blog sederhana ini! Kali ini penulis akan menyampaikan sebuah topik tentang Sejarah Komputer...

Komputer merupakan hasil suatu penyatuan dari dua teknologi yang berbeda, yaitu pemrograman dan perhitungan. Berbagai teori menyatakan bahwa awal dari komputer adalah kalkulator mekanis yang dikembangkan sejak ribuan tahun yang lalu (dengan kalkulator mekanis tertua atau yang dikenal sebagai Sempoa Romawi berasal dari tahun 2400 SM). Namun awal dari komputer yang kita kenal sekarang berikut prinsip pemrogramannya adalah mesin penghitung bernama Analytical Engine yang dibuat oleh Charles Babbage pada tahun 1837, dimana mesin yang dia buat menggunakan kartu berlubang (punch card) untuk penyimpanan data yang selanjutnya data-data tersebut dibaca oleh mesin yang digerakkan oleh tenaga uap dengan memanfaatkan posisi roda giginya untuk menyatakan angka. Namun ide tersebut gagal karena terhambat oleh pendanaan dan kesulitan teknis yang membuat pengadaan komponen menjadi tidak semulus yang diharapkan, walaupun ide tersebut akhirnya dikembangkan menjadi komputer yang pemakaiannya bersifat umum pada tahun 1940-an.

Era 1940-an menjadi saksi dari perkembangan dasar-dasar komputer era modern yang dimulai dari komputer Z3 buatan Konrad Zuse tahun 1941 yang dikendalikan oleh program yang berbasis perhitungan biner dan dapat pula diprogram sesuai kebutuhan, lalu komputer Atanasoff-Berry (dikembangkan sejak 1937 hingga tahun 1942) yang tidak bisa diprogram ulang namun menggunakan tabung vakum dan memori kapasitor yang bersifat regeneratif (sehingga dapat menyimpan data hasil perhitungan dalam bentuk yang lebih padat ketimbang komputer lainnya), dilanjutkan dengan Colossus (1943) yang menunjukkan dasar dari komputer yang dapat diprogram ulang secara elektronis walaupun menggunakan ribuan tabung vakum yang kala itu jamak ditemui di komputer modern generasi paling awal. Beranjak ke tahun 1944, Harvard Mark I yang merupakan komputer elektromekanis skala besar mulai dioperasikan. Meskipun kemampuan pemrogramannya juga masih terbatas, namun Mark I ikut menjadi bagian awal dari komputer modern dengan penggunaan prinsip pemisahan data dan instruksi dalam sistem komputer.

Namun komputer modern awal yang paling besar adalah ENIAC yang mulai dipakai di US Ballistic Research Laboratory sejak 1946. Berbagai komponen yang merupakan prinsip dasar komputer abad 21 dikembangkan dalam ENIAC, mulai dari inisiator (pelaksana perintah start dan stop), sinkronisator (yang melaksanakan siklus sinkronisasi unit lain), master controller (pengendali utama), dan sebagainya. Namun masalah tabung vakum yang selalu terbakar setiap hari karena beban panas dari pengoperasiannya membuat ENIAC hanya bisa beroperasi setengah hari saja, walaupun sejak 1948 versi lebih sempurna dari ENIAC dibuat dengan memakai tabung vakum yang lebih tahan panas, bahkan dapat beroperasi selama 116 jam tanpa berhenti pada tahun 1954.



Kegiatan penghitungan data dengan komputer ENIAC
Sumber gambar: wikimedia.org

Era 1950-an sampai 1970-an merupakan masa dari perkembangan komputer modern generasi kedua, yang dimulai dari UNIVAC I dan Ferranti Mark I (keduanya beroperasi tahun 1951), lalu dilanjutkan dengan kemunculan hard disk pertama buatan IBM berjenis IBM 350 RAMAC tahun 1956. Namun ditemukannya transistor dwikutub (bipolar) tahun 1947 menandai pergantian dari komputer tabung vakum ke komputer berbasis transistor, yang juga merupakan salah satu bagian paling penting dari komputer masa kini. Komputer generasi kedua yang paling terkenal adalah IBM 1401 yang pada 1960 hingga 1964 berjumlah lebih dari 10 ribu unit. Sedangkan perubahan terbesar lainnya adalah munculnya CPU (yang akrab disebut prosesor) pada 1960-an dan mikroprosesor (bentuk paling populer dari CPU) di era 1970-an dengan kemunculan Intel 8080 pada tahun 1974 yang berhasil menyingkirkan berbagai metode implementasi CPU lainnya.

Bahkan, di masa inilah apa yang kita kenal sebagai Internet berawal pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat memulai proyek ARPANET (jaringan komunikasi data internal yang dikembangkan oleh departemen tersebut) yang menghubungkan instansi tersebut dengan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat, termasuk diantaranya University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute.

Sejak 1973 hingga 1980-an pun dikembangkan pula berbagai teknologi yang nantinya akan menjadi dasar dari jaringan Internet masa kini, termasuk TCP/IP yang dikembangkan oleh Robert E. Kahn, Vinton Cerf dan rekan-rekannya.

Peta jaringan internet di seluruh dunia yang berbentuk seperti
Sumber gambar: wikimedia.org
Sedangkan era 1970-an akhir hingga 1990-an awal adalah masa dari dikembangkannya sistem operasi (OS) pada komputer, namun yang paling terkenal adalah DOS (Disk Operating System) yang membutuhkan keberadaan disket untuk dapat mengoperasikan suatu program di komputer dengan baik. Karena saat itu kapasitas penyimpanan disket masih sangat kecil (sekitar ratusan kilobyte saja), maka pada masa itu jamak ditemui pemilik komputer yang menyimpan tumpukan disket berisi program-program yang mereka butuhkan untuk produktivitas mereka.

Namun di masa itu pula kapasitas hard disk mulai meningkat secara perlahan, dengan semakin berkembangnya teknologi yang memungkinkan produksi hard disk berkapasitas ratusan megabyte (meskipun harganya masih sangat mahal). Walaupun begitu, di masa itu pula berbagai OS bermunculan (termasuk Mac OS buatan Apple yang memperkenalkan fitur antarmuka grafis seperti yang sekarang dipakai di berbagai OS sekarang ini). OS bernama Unix yang terkenal sering dipakai di komputer server milik perusahaan besar pun muncul juga, dan akhirnya apa yang kita kenal sebagai Microsoft Windows pun muncul, dimulai dari Windows 1 yang dibuat sebagai versi antarmuka grafis dari MS-DOS, lalu berkembang secara terus-menerus hingga menjadi Windows 95 (sebagai hasil integrasi konsep MS-DOS dan Windows 3.1 yang merupakan produk akhir dari keluarga Windows generasi pertama).

Sebuah PC IBM yang memanfaatkan DOS sebagai sistem operasi utamanya
Sumber gambar: www.extremetech.com





Di lain pihak, komputer portabel atau yang biasa disebut laptop (walaupun banyak pula yang menyebutnya sebagai notebook) mulai dikembangkan pada era yang sama (tetapi banyak yang menyebutkan bahwa cikal-bakal laptop bermula pada era 1960-an awal), dengan munculnya komputer berpenampilan seperti komputer DOS umumnya yang layar serta keyboardnya dapat dilipat dan secara keseluruhan dapat dibawa kemana-mana. Walaupun konsep tersebut pada awalnya dianggap memberatkan mobilitas para pekerja kantor yang kerepotan membawa laptop generasi awal tersebut (karena ukurannya yang cukup besar), tetapi perkembangan teknologi pun membuat ukuran laptop semakin ramping tetapi dengan kemampuan yang semakin tinggi, bahkan hampir menyamai sebuah PC dengan berbagai spesifikasi yang diinginkan oleh pengguna.
Evolusi laptop dari masa ke masa
Sumber gambar: www.cio.com

Pada akhirnya, teknologi komputer paling modern muncul di era 2000 hingga 2010 ke atas, dimana berbagai teknologi yang berkembang di Abad Digital (sebutan untuk Abad ke-21) memungkinkan untuk semakin cepatnya perhitungan data dan semakin canggihnya program yang dibuat pada masa kini. Berbagai variasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan konsumen masa kini pun bermunculan, mulai dari komputer pribadi (PC) berspesifikasi tinggi hingga laptop ukuran kecil (netbook) yang dapat dibawa kemana-mana. Bahkan kemajuan pun merambah ke dunia telekomunikasi, mulai dari perangkat telepon genggam (yang kini dapat melakukan hal yang nyaris sama dengan PC maupun laptop) hingga sistem jaringan komunikasi yang sangat canggih, semua karena perkembangan teknologi secara pesat berbasis teknologi komputer yang mampu menjawab berbagai tantangan di masa kini.

Sumber informasi:

1. http://inventors.about.com/library/blcoindex.htm
2. David J. Eck (2000). The Most Complex Machine: A Survey of Computers and Computing. A K Peters, Ltd. p. 54. ISBN 978-1-56881-128-4.
3. http://www.computerhistory.org/timeline/?year=1946
4. http://www.computersciencelab.com/ComputerHistory/History.htm
5. Agatha C. Hughes (2000). Systems, Experts, and Computers. MIT Press. p. 161. ISBN 978-0-262-08285-3
6. http://www.techsupportalert.com/history-of-personal-computers.htm